Screenshot https://support.apple.com/en-us/HT208721

Merekam Layar di Mac OSX merupakan salah aktivitas yang dibutuhkan oleh dosen atau guru dalam membuat bahan ajar untuk keperluan proses belajar mengajar jarak jauh. Hal ini seiring dengan kondisi di mana di masa pandemi Corona Virus (Covid-19) ini banyak sekali sekolah dan kampus yang menerapkan proses belajar mengajar dilakukan secara online. Artikel ini akan membahas bagaimana cara merekam layar pada komputer dengan sistem operasi Mac OSX pada Apple Computer. Untuk penjelasan bagaimana merekam layar pada sistem operasi Windows akan dibahas pada artikel terpisah.

Merekam layar di Apple Mac OSX dapat dilakukan dengan mudah, karena fitur ini telah tersedia pada sistem operasi tersebut tanpa harus menginstall software tambahan. Fitur yang disediakan sejak versi sistem operasi macOS Mojave, dapat diakses dengan mudah dengan menggunakan penekanan tombol Shift-Command (⌘)-5 pada keyboard. Setelah kombinasi tombol tersebut ditekan, maka di layar akan tampil menu contol yang berisi serangkaian tombol yang berisi opsi perekaman yang akan dilakukan, baik untuk berupa foto maupun video. Fitur yang disediakan adalah opsi untuk mereka keseluruhan area layar, merekam sebagian area layar, atau gambar diam. Untuk sistem operasi yang lama, perekaman layar dapat dilakukan dengan menggunakam QuickTime Player.

Merekam Layar Mac OSX Secara Keseluruhan

  1. Tekam tombol Shift-Command (⌘)-5 pada keyboard, di layar akan muncul menu control seperti gambar di bawah ini:
    Screen Recording Control Menu

    Screen Recording Control Menu yang tampil pada Saat Merekam Layar Mac

  2. Merekam keseluruhan layar dapat dilakukan dengan menekan  the Record Entire Screen button  pada opsi yang muncul. Setelah menu ini dipilih, di layar akan muncul pointer dengan simbol .
  1. Proses perekaman akan dimulai pada saat tombol mouse di klik. Perekaman juga dapat dilakukan dengan cara klik pada tombol Record yang terdapat pada menu control.
  2. Proses perekaman dapat dihentikan dengan menekan tombol the Stop Recording button yang terdapat di menu bar.
  3. File tersimpan di folder yang telah ditentukan melalui menu Options

Merekam Sebagian Area Layar

  1. Tekam tombol Shift-Command (⌘)-5 pada keyboard, di layar akan muncul menu control
  2. Klik pada menu  the Record Selected Portion button yang terdapat pada menu control tersebut.
  3. Drag pointer mouse untuk memilih area yang akan direkam. Untuk memindahkan area yang telah ditentukan sebelumnya, dapat dilakukan dengan drag dengan menggunakan mouse dari dalam area yang telah diseleksi.
  4. Perekaman juga dapat dilakukan dengan cara klik pada tombol Record yang terdapat pada menu control.
  5. Proses perekaman dapat dihentikan dengan menekan tombol the Stop Recording button yang terdapat di menu bar atau dengan tombol Command-Control-Esc (Escape) pada keyboard.
  6. File tersimpan di folder yang telah ditentukan melalui menu Options.

Mengubah Settings Merekam Layar di Mac

Berbagai pengaturan atau Settings dapat diatur melalui menu Options menu control, antara lain untuk beberapa hal berikut:

  • Save to: Menentukan lokasi penyimpanan dari file hasil recording, misalnya pada Desktop, Documents, atau Clipboard.
  • Timer: Dipergunakan untuk menentukan apakah proses recording akan dijalankan langsung pada saat tombol Recording ditekan, atau dengan memberikan jeda 5 atau 10 setelahnya.
  • Microphone: Dipergunakan untuk menentukan apakah ada suara yang akan direkam, termasuk dari perangkat eksternal seperti microphone.
  • Show Floating Thumbnail: Dipergunakan untuk menentukan apakah thumbnail atau gambar kecil yang menggambarkan area recording akan ditampilkan di layar atau. tidak.
  • Remember Last Selection: Dipergunakan untuk menentukan apakah proses seleksi sebelum dijadikan seleksi awal pada saat menu diaktifkan.
  • Show Mouse Pointer: Dipergunakan untuk menentukan apakah pointer mouse akan ditampilkan di layar atau tidak.

Menggunakan QuickTime Player Untuk Merekam Layar di Mac

QuickTime Player juga memiliki fitur yang dapat dipergunakan untuk melakukan perekaman layar.

  1. Buka QuickTime Player dari folder Applications folder, kemudian pilih File > New Screen Recording dari menu bar. Pada layaar akan tampil window  Screen Recording.
  2. Sebelum melakukan proses perekaman dapat ditentukan terlebih dahulu beberapa pengaturan dengan cara klik simbol ujung panah yang terdapat di sebelah tombol  the Record button :
  3. Perekaman akan dimulai setelah dilakukan klik tombol  the Record button yang diikuti dengan:
    • Klik pada area manapun di layar untuk memulai perekaman seluruh area layar.
    • Drag sebuah area di layar untuk menentukan area yang direkam, kemudian diikuti dengan klik Start Recording.
  4. Proses recording akan bergenti pada saat tombol the Stop button pada menu bar di-klik atau pada saat kombinasi tombol keyboard Command-Control-Esc (Escape).

Demikian beberapa tips untuk dapat melakukan screen recording, semoga bermanfaat.

 

Ditulis oleh:

Stephanus Eko Wahyudi
Kaprodi Informatika Universitas Ciputra

References:

 

About the author : SEW

Stephanus Eko Wahyudi is the Chair of Informatics Study Program at Universitas Ciputra Surabaya. He completed his bachelor of computer science at Universitas Surabaya and his Master of Multimedia at Monash University Melbourne, Australia.

Leave A Comment